Tantangan Hari Kedelapan Komunikasi Produktif Bunsay IIP

Tantangan hari kedelapan dalam belajar menggunakan kaidah-kaidah komunikasi produktif kali ini ada yang berhasil ada yang gagal.

Ternyata tidak semudah yang saya harapkan, walaupun komunikasi antara saya dengan suami setiap hari bisa terjalin kapan saja dan dimana saja.

Karena FoE dan FoR yang telah membentuk kepribadian saya dan suami berbeda, gaya komunikasi kami pun berbeda. Sehingga materi komunikasi produktif pun terasa sangat menantang.

Hari Rabu kemarin saya ada jadwal mengajar seperti biasa, Cuaca memang cukup gelap karena masuk musim hujan.
Ada rasa tanggung jawab yang lebih besar daripada rasa malas yang mengganggu saya untuk tidak jadi berangkat. Tapi itu cuma godaan saja. Saya tetap berangkat.

Saya di antar suami kerumah salah satu murid yang baru memulai belajar tahsinnya hari ini. Jadwal hari Rabu memang agak melelahkan karena jarak tempat yang satu dengan yang lainnya cukup jauh. Dari Kalimulya ke Pengasinan lalu ke Cimanggis. Ada perbedaan pendapat untuk melewati jalan mencapai ke tujuan tempat saya mengajar. Padahal hanya menunjukkan alamat saja, sudah bertentangan. Dan saya merasa tak mau kalah, karena saya pernah merasa melewati jalan itu dulu ketika sekolah. Hmmm.. komunikasi produktif itu banyak tantangannya ya? Ternyata.. setelah kami saling terdiam sejenak. Akhirnya sampai juga di tujuan.
Saya sadar 'rasa tak mau kalah itu yang perlu dirubah' dalam gaya komunikasi saya. Emosi masih lebih besar daripada nalar. Hmm..

Dan sepertinya saya harus sedikit merubah jadwal untuk menyesuaikan waktu dan tempat mengajar saya. Agar lebih efisien.

Setelah selesai mengajar, saya dijemput kembali oleh suami.
Selama di perjalanan, saya dan suami membahas tentang rencana kami untuk membersamai liburan anak di hari Sabtu dan Minggu besok. Insya Allah komunikasi produktif bersama anak-anak baru dapat kami lakukan di hari itu.

Komunikasi kami kembali lancar. Sepertinya jika membahas anak-anak selalu membuat mata kami berbinar-binar.

#hari8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kelasbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misi Pernikahan atau Misi Keluarga (Part 1) by Ust. Harry Santosa

Materi ke 10 Matrikulasi IIP batch#1

Saudara & Persaudaraan