Tantangan Hari Ketujuh Komunikasi Produktif Bunsay IIP

Sudah satu minggu tantangan 10 hari dari kelas Bunsay IIP berusaha saya jalankan.
Alhamdulillah cukup lancar. Saya menjalin komunikasi yang nyaman walau lewat pesan singkat sesering mungkin karena sama-sama bekerja di ranah publik.

Hari ini, penggunaan kata yang hanya 7% yang saya gunakan (dari kaidah 7% kata - 38% intonasi - 55% bahasa tubuh), betul-betul saya pikirkan terlebih dahulu sebelum saya ketik di HP. Agar yang keluarpun outputnya baik.

Komunikasi saya dengan suami hari ini membicarakan tentang kejadian hikmah dari rezeqi yang kami dapatkan. Suami kirim pesan di siang hari saat berada di koperasi tempat naungan beliau bekerja. Memberi kabar gembira dari kepasrahannya selama dua bulan tidak berpenghasilan. Hari ini setelah beliau satu minggu bekerja mendapatkan bonus dari kegigihannya dalam pelayanan jasa. Alhamdulillah. Saya pun baru saja mendapatkan hadiah berupa tas yang memang saya sangat ingin membelinya tapi belum terealisasi.
Saya bilang ke suami saya, ini 'mestakung' (semesta mendukung), ini juga kenyataan bahwa kita senantiasa menjadi manusia yang berserah diri kepada Allah dan terus berusaha memperbaiki diri.

Tantangan komunikasi hari ini adalah saat kami berbicara agak melebar, mengenai kejadian sebelumnya yang terjadi antara suami dan temannya. Saya mulai emosi sedikit ketika saya merasa suami dizholimi. Tapi entah kenapa saya bersyukur sekali, dengan adanya materi komunikasi produktif bunda sayang IIP, seperti ada pengingat dalam diri saya untuk harus menggunakan istilah 'memanjangkan Nalar daripada Emosi'.

Emosi saya pun mereda. Dan rasa syukur atas kejadian hari ini bisa menutupi rasa kecewa saya.

#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kelasbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misi Pernikahan atau Misi Keluarga (Part 1) by Ust. Harry Santosa

Materi ke 10 Matrikulasi IIP batch#1

Saudara & Persaudaraan