NHW3 Matrikulasi IIP batch 1

Nice Home Work 3 Matrikulasi Ibu Profesional semakin berat rasanya.

Poin a.
Saya harus belajar konsisten untuk mengisi checklist harian di NHW1.
Walaupun sangat sulit buat saya, tapi semangat ini berusaha mengalahkan rasa malas saya yang terbiasa hidup mengalir apa adanya tanpa indikator yang tertulis selama ini. Bismillah

Poin b.
Baca dan renungkan NHW2.
Walau masih mengira-ngira untuk menyimpulkannya, saya berusaha menentukan misi hidup saya yaitu:
-berusaha menjadi pembelajar sejati dan mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat sekitar bahwa belajar itu penting dan tidak harus melalui pendidikan formal.
Bidang: pendidikan anak, keluarga dan masyarakat.
Peran: inspirator.

Poin c.
Ilmu-ilmu yang harus saya kuasai yang sesuai dengan minat saya, antara lain:
-ilmu parenting: bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif, bunda sholeha, cara mendidik anak berdasarkan Al Qur'an & hadits.
-ilmu mengenal gaya belajar anak.
-ilmu mengenal kecerdasan majemuk anak.
-ilmu menulis & IT, agar saya bisa menyampaikan hal-hal baik lewat tulisan di berbagai media sosial.
-ilmu public speaking, agar saya bisa menyampaikan pengalaman saya dengan bahasa yang baik.
-ilmu agama, dalam hal ini saya ingin sekali menambah pengetahuan di bidang Al Qur'an, hadits, fiqih, tafsir, dsb.

Poin d.
Tetapkan milestone untuk memandu setiap perjalanan saya menuju misi hidup.

Saya mencoba belajar menentukan milestone saya..

Km 0-5
~usia 22 tahun (saat saya menikah) sampai 27 tahun:
-ilmu parenting yang saya pelajari masih awam, yaitu dengan banyak membaca buku seputar rumah tangga, kehamilan, melahirkan untuk persiapan menjadi seorang ibu.
-membaca / mendengarkan murottal
-menghadiri kajian-kajian keislaman.
-belajar di lembaga tahsin di Al Hikmah, Citayam
-belajar masak dari orangtua
-mengajar TK
-mengikuti kajian pekanan
-tergabung dalam LSM aksi peduli ummat
-mengikuti kegiatan-kegiatan sosial disekitar rumah

Km 5-10
~usia 27-32 tahun:
-bekerja di sekolah swasta menjadi seorang admin.
-mengikuti kajian pekanan
-beberapa kali mengikuti seminar parenting
-mulai melibatkan anak pada aktifitas harian
-mulai mengenal kecerdasan majemuk
-meneruskan belajar ilmu tahsin ke talaqqi
-banyak membaca artikel parenting

Km 10-12
~usia 32-34 tahun (sekarang):
-mulai bergabung di komunitas IIP
-belajar tahapan bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif
-mulai memperkaya kegiatan anak dengan mengenal alam,
-mengamati alam sekitar,
-mulai memfasilitasi bakat minat anak dengan memasukkan kesanggar tari,
-memfasilitasi alat musik dasar sesuai minat anak misal membelikannya pianika dan suling.
-mengajak anak mencintai buku dari kisah2 nabi sampai cerita fabel
-mengajar tahsin ibu-ibu disalah satu perumahan
-menumbuhkan keinginan dan kecintaan anak-anak untuk belajar Al Qur'an
-mulai mengikuti kelas minat /KAMI Menulis dan KAMI IT di IIP Depok.
-tetap menjaga silaturahim dengan keluarga dan masyarakat.

Poin e.
Koreksi kembali NHW1
(Waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut). Ubah dan cantumkan.
Akan saya ubah dan cantumkan di NHW1 yang akan saya lampirkan berikut ini.

Poin f.
Lakukan, lakukan, lakukan.

Ini yang membutuhkan kesungguhan, semangat tinggi, dan keistiqomahan. Semoga saya bisa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misi Pernikahan atau Misi Keluarga (Part 1) by Ust. Harry Santosa

Materi ke 10 Matrikulasi IIP batch#1

Saudara & Persaudaraan