#Haziza Rahadi_NHW2

NHW#2
Tugas NHW #2 Kelas Matrikulasi IIP Jakarta
Checklist Indikator Profesionalisme Perempuan
Bismillahirrahmaanirrahiim🌺
Indikator ini saya buat untuk jangka waktu dua bulan (1 November 2016 – 31 Desember 2016).
1. Sebagai Individu
Target saya sebagai seorang individu adalah menjadi muslimah yang bertaqwa kepada Penciptanya sekaligus dapat memberikan manfaat kepada lingkungan di sekitar saya. Indikator profesionalisme saya sebagai individu:
a. Melakukan shalat wajib tepat waktu paling lambat 30 menit setelah azan.
b. Membaca al-Quran / murojaah minimal 1 lembar/hari
c. Membaca buku, minimal 2 buku /bulan
d. Shalat Sunnah minimal 1 kali/hari
e. Puasa sunnah minimal 1hari (senin/kamis/ayyamul bidh)
f. Olahraga bersama anak-anak minimal 1 kali/pekan dan memperhatikan asupan & pola makan minum.
g. Menimba ilmu agama (tahsin, kajian) minimal 2kali/pekan.
h. Membatasi penggunaan gadget minimal 5 jam/hari
j. Silaturahim dengan lingkungan sekitar dan menjaga ukhuwah (keluarga, saudara, tetangga, teman)
2. Sebagai Istri
Alhamdulillah saat ini saya dan suami diberi amanah 2 anak sholeh; alif 4y dan garin 17bulan. Alif saat ini masih blm kami sekolahkan, insya Allah saat ini sy dan suami sdg bnyk mencari informasi dan literatur untuk homeschooling.
Kegiatan saya sehari-hari yg utama slain mengurus domestik rumah tangga, adalah mendidik anak-anak dirumah. Bersosialisasi dgn beberapa komunitas homeschooling untuk kegiatan fieldtrip dlm hs.
Untuk sementara ini sy dan suami menjalani LDR (saya di depok bersama 2 anak sholeh & suami dinas di kota pati jateng). Sehingga mmg saat ini fokus saya untuk belajar sebagai seorang muslimah yg taat dan ibu pendidik untuk 2 anak sholeh. Selain itu saya juga memiliki pekerjaan flexitime dlm properti syariah.
Saya sendiri hampir sebagian besar mengerjakan tugas domestic rumah (slain setrika baju ;p ). Sebagian besar waktu saya saat ini sy fokuskan untuk menstimulasi anak anak saya baik dlm nilai nilai tauhid,emosional, motorik, tumbuh kembang dll..
Saya mengerjakan pekerjaan properti syariah disela-sela kesibukan, jika ada calon buyer yg akan survey saya biasa menitipkan anak anak dirumah eyang nya ;) atau sesekali saya ajak anak anak ke lokasi project.
Ketika sy tanyakan kepada suami apa saja hal yg bisa saya lakukan untuk membuat beliau bahagia, permintaan suami kepada saya sederhana saja. Agar saya lebih sabar lagi mengurus anak anak dan dirinya. Suami ingin agar saya dapat menyenangkan hati suami dan anak anak, taat kepada suami selama masih dalam koridor syariat, meminta izin untuk keluar dan memberi tahu suami sebelum berangkat atau ketika sudah di tempat tujuan, dan dapat menjaga kehormatan suami.
Jadi indikator profesionalisme saya sebagai istri, adalah:
a. Anak anak dan saya sudah dalam keadaan rapih, sehat dan riang ketika suami dirumah.
b. Meminta izin setiap keluar rumah dan mengikuti kegiatan (izin minimal 2-3 hari sebelumnya, malam harinya, ketika mau berangkat juga diingatkan kembali, ketika sudah sampai lokasi, dan ketika sudah pulang).
c. Menemani suami saat ada dirumah.
d. Menjaga kehormatan suami ketika berada di luar rumah
e. Memasak makanan sehat untuk anak-anak dan juga suami(jika sdg dirumah) setiap hari.
f. Mengelola aset keluarga secara baik.
3. Sebagai Ibu
Ketika saya tanyakan kepada anak sulung saya apa yang bisa saya lakukan untuk membuat dia lebih bahagia/senang, dgn polosnya dia bilang ingin bunda bisa lebih sering lagi mengajak dia berpetualang😅 berpetualang menurut versi mas alif adalah lebih banyak playdate/praktek ke tempat tempat yg bisa dia dan adiknya explore. Mas alif juga ingin agar saya mengurangi penggunaan gadget dan pc🙈 dan lebih banyak lagi bermain sambil belajar bersama dia dan adiknya.
Berikut adalah indikator profesionalisme yang saya targetkan sebagai seorang Ibu:
a. Menemani anak membaca al-Quran dan murojaah tiap hari minimal 2x sehari (pagi, sore, malam)
b. Bersama anak shalat berjamaah di rumah/di masjid di setiap waktu shalat & diawal waktu
c. Menyiapkan segala keperluan anak-anak mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali.
d. Memastikan anak-anak setiap hari mendapatkan asupan tauhid dan juga terstimulasi dengan baik segala aspek motoriknya.
e. Fun cooking bersama anak minimal 2 kali/pekan. Slain melatih motorik funcooking juga sangat seru dilakukan bersama anak krn akan menambah ikatan/ bounding.
f. Membaca buku bersama anak-anak minimal 2 hari sekali (biasanya Waktu menjelang tidur siang&malam)
g. Melakukan praktek/kegiatan prakarya/ membuat karya apasaja minimal 3kali/pekan
h. Meluangkan waktu khusus untuk masing-masing anak minimal 1kali/pekan. We time & quality time bersama setiap anak minimal 1 kali/pekan, meskipun sekedar makan ice cream berdua anak ;)
i. Memberikan asupan makanan dan minuman yang halalan tayyiban dan bergizi setiap hari
j. Berolahraga bersama anak-anak &/ suami minimal 1kali/pekan

Terimakasih

HazizaRahadi_NHW#2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misi Pernikahan atau Misi Keluarga (Part 1) by Ust. Harry Santosa

Materi ke 10 Matrikulasi IIP batch#1

Saudara & Persaudaraan