NHW3_2 Matrikulasi IIP batch 1

Masih berkaitan dengan NHW3_1, di NHW3_2 ini saya berusaha mencatat keunikan, kegiatan, materi, dan fitrah masing-masing anak dalam sebuah buku.

1. Anak pertamaku, Daffa M. Al Ghazali, 11 tahun 4 bulan.

a. Keunikan Daffa,
se-pengamatan saya selama ini, dia mudah mencerna gaya komunikasi orang dewasa. Artinya dia cepat tanggap, nyambung kalau diajak ngobrol seputar ilmu pengetahuan, pemikirannya logis, dan agak saklek tipenya. Kalau ditanya, jawabannya singkat dan padat. Tidak suka basa-basi. Bila dia berada di lingkungan yang baru, dia akan lebih banyak diam dan mengamati.

b. Kegiatan yang membuat matanya berbinar-binar.
selama ini yang dia lakukan dilingkungan pesantren, antara lain:
Selain belajar Dirosah Islamiyah, bahasa Arab, bahasa Inggris di pondok, kegiatan menghafal Qur'an dia lakukan bersama teman dan ustadznya dengan cara sambil berkeliling mengunjungi Masjid-masjid diseputar Jakarta, Depok dan Tangerang.
Daffa juga suka olahraga (renang 2 pekan sekali, futsal, rollerblade, skateboard setiap sore setelah kegiatan tahfidznya).
Lomba-lomba yang dia ikuti baik didalam maupun luar lingkungan pesantren.
Dihari Ahad, kami mengunjungi dia dipesantren, family time yang benar-benar kami manfaatkan untuk ngobrol seputar kegiatan Daffa selama sepekan, pencapaian hafalan, mimpi-mimpi yang ingin digapainya, seputar tempat pendidikan lanjut yang dia inginkan, bahkan terkadang saya selipkan sex education untuk mengajarkan batasan-batasan tentang naluri atau fitrahnya sebagai laki-laki, sambil makan bersama.

c. Materi kehidupan yang paling dibutuhkan oleh Daffa dan sering saya sampaikan adalah
Bagaimana cara dia survive dilingkungan manapun ia berada.
Dengan berusaha menanamkan Iman-Adab-Akhlaq-Bicara sesuai dengan materi yang sering bu Septi sampaikan.

d. Fitrah-fitrah yang kami jalankan, antara lain juga core value keluarga kami yang baru kami sadari merujuk pada fitrah:
Iman-Ilmu-Kemuliaan-Kesederhanaan.

2. Anak keduaku, Dyfana Shafiya Ardiansyah, 7 tahun 4 bulan.

a. Keunikan Dyfana,
Sangat lincah dan energik. Selalu ceria dan senang bergerak. Keringat deras mengalir ditubuhnya bila dia mulai bergerak. Dyfana menyukai seni musik dan tari. Dia pun senang berbagi. Disekolah gurunya sering bilang kalau dia suka membagi-bagikan bekal yang dia bawa untuk teman-teman sekelasnya. Dia juga sangat penyayang. Dalam sehari, saya atau adiknya sering mendapatkan ciuman sayang di pipi secara tiba-tiba dari Dyfana.

b. Kegiatan Dyfana adalah sekolah setiap hari Senin-Jum'at, les tari dihari Selasa dan Jum'at, halaqoh dihari Sabtu, dan playdate yang dia ikuti diluar rumah dan sekolah.

c. Materi kehidupan yang mulai saya ajarkan kepada Dyfana adalah bertanggung jawab dalam hal apapun, fokus jika melakukan sesuatu, tidak boleh sombong, mengajarjannya untuk tidak boleh berlebihan dalam menyukai sesuatu, dan kegiatan yang dilakukannya harus bermanfaat.

d. Fitrah-fitrah yang kami jalankan:
Iman-Ilmu-Kemuliaan-Kesederhanaan.

3. Anak ketiga, Dyziana Khalila Ardiansyah, 5 tahun 10 bulan.

a. Keunikan Dyziana,
Dyzi sangat suka membaca, dari buku cerita, ataupun membaca terjemah surat-surat pendek dengan gaya puisinya. Setiap selesai sholat maghrib dia selalu mengambil Al Qur'an untuk mengaji dan membaca terjemahnya. Setiap malam sebelum tidur, Dyzi juga selalu minta saya untuk membacakan buku cerita. Dyzi juga termasuk anak yang lincah, suka bernyanyi, bermain pianika, dan dia suka memanjat. Bila kami sedang berolahraga, dia suka memanjat pohon yang tidak terlalu tinggi dan bergelayutan dengan senangnya.

b. Kegiatan yang dilakukan Dyzi tidak jauh berbeda dengan Dyfana.
Selain sekolah, dia pun minta ikut dimasukkan les tari walau kelihatannya hanya sekedar mengikuti kakaknya. Setiap hari Dyzi senang bermain dengan anak kecil disamping rumah kami. Saat bermain dengannya, Dyzi terlihat bisa menjaga teman kecilnya seperti seorang kakak. Dari situ pula dia sering mengatakan bahwa dia ingin punya adik. :p

c. Materi kehidupan yang paling mendasar yang saya ajarkan kepada Dyzi pun hampir sama dengan yang saya ajarkan kepada Dyfana.
Melatih kemandirian, bertanggung jawab, fokus terhadap apa yang dikerjakan, dan seputar ibadah sehari-hari.

d. Fitrah-fitrah yang kami jalankan:
Iman-Ilmu-Kemuliaan-Kesederhanaan.

Mudah-mudahan kami bisa konsisten dalam menjalankan tahapan pendidikan yang keluarga kami terapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Misi Pernikahan atau Misi Keluarga (Part 1) by Ust. Harry Santosa

Materi ke 10 Matrikulasi IIP batch#1

Saudara & Persaudaraan